Kandungan nutrisi buah Naga

kandungan nutrisi buah nagaBuah Naga, buah Eksotis yang sebelumnya sudah pernah kita bahas dalam manfaat buah naga bagi kesehatan. Mungkin untuk saat ini tidaklah sulit untuk menjumpai toko yang menjual buah naga. Buah naga kini sudah populer, bahkan hingga toko buah pinggir jalanpun menjualnya. Kalau dulu harga buah naga cukup fantastis, namun kini sudah lebih terjangkau karena telah banyak dibudidayakan. Buah naga ada dalam berbagai jenis dengan perbedaan warna kulit dan daging, mulai dari kulit kuning  dan merah muda dengan daging berwarna putih dan merah.

Berikut beberapa kandungan nutrisi penting yang terdapat dalam buah naga

Kandungan lemak dan Kalori buah naga

Satu porsi buah naga 100 g mengandung sekitar 10 kalori, meskipun jenis tertentu bisa mengandung antara 150-600 g. Biji buah naga yang berwarna hitam dan kecil-kecil ini meskipun ikut dimakan, tapi tidak akan dicerna. Setiap porsi buah naga memberikan 0,9 g serat, tetapi kita masih perlu untuk menambah kebutuhan serat lebih itu untuk memenuhi kebutuhan harian- tubuh memerlukan serat dalam makanan hingga 25 hingga 38 g perhari. Buah naga juga menyediakan protein, yaitu sebesar 0,09g, namun itu jumlah yang sangat sedikit dari total kebutuhan setiap hari. Satu porsi buah naga juga mengandung sekitar 0,6 g lemak.

Kandungan Vitamin buah naga

Buah naga merupakan sumber vitamin C tinggi, yaitu hingga 10 sampai 12 persen dari total kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin C dalam buah naga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, serta untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah naga juga mengandung vitamin B-1, B-2 dan B-3, dimana merupakan vitamin esensial yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin B-1 berguna untuk menghasilkan energi dan memetabolisme karbohidrat, sedangkan vitamin B-2 bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Vitamin B-3 dalam buah naga akan membantu untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah dan meningkatkan kesehatan kulit.

Lihat juga :   Makanan yang banyak mengandung Glutamin

Kandungan Mineral buah naga

Perporsi buah naga juga menawarkan 8,8 persen kalsium yang kita butuhkan setiap hari, sehingga membuat buah naga menjadi pilihan yang baik untuk ketahanan tulang dan gigi. Buah naga juga mengandung zat besi, yaitu sekitar 3,6 persen dari jumlah zat besi yang dibutuhkan Wanita setiap hari – dan untuk Pria adalah 8,1 persen dari total kebutuhan harian. 1 Buah naga menyediakan riboflavin, niasin dan fosfor dalam jumlah yang lebih kecil.

Kandungan senyawa Antioksidan buah naga

Makan buah naga juga bisa dikatakan akan meningkatkan asupan antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Jerman jurnal medis pada bulan September sampai Oktober 2007  “Zeitschrift fur Naturforschung” meneliti zat yang memberikan warna ungu pada buah naga, dan menemukan kandungan senyawa antioksidan seperti betalains, fenolat, asam galat dan betacyanin. Zat tersebut merupakan Antioksidan yang dapat  mencegah kerusakan kulit dan organ tubuh karena sebab radikal bebas, dan buah naga juga dapat membantu untuk menangkal berbagai macam penyakit.

Manfaat lain buah naga

Dengan meningkatnya popularitas makanan organik dan alami, buah naga mungkin bisa menjadi alternatif sebagai pewarna makanan merah non kimia. Meskipun bit seringkali dipakai untuk memberikan warna merah makanan, namun rasa buah bit yang kuat dapat mengalahkan rasa pada makanan. Senyawa Betalain, yaitu sejenis zat antioksidan yang membuat warna merah pada buah naga adalah pilihan yang baik sebagai pewarna merah untuk makanan,  karena pada umumnya tidak akan mempengaruhi rasa pada makanan.

Leave a Reply