Makanan mengandung tinggi zat besi – penambah hemoglobin terbaik

Makanan mengandung tinggi zat besi - penambah hemoglobin terbaikTubuh sangat membutuhkan sel darah merah untuk mendistribusikan seluruh nutrisi dari makanan dan oksigen keseluruh tubuh. Untuk itu asupan zat besi sangat penting, agar terpenuhi jumlah sel darah merah  agar proses metabolisme tersebut bisa berjalan optimal. Tubuh yang kekurangan zat besi akan menimbulkan Hemoglobin rendah, yang akan menyebabkan gejala seperti  anemia, lesu, rambut rontok, kelelahan dan sakit kepala .

Advertisement

Kekurangan zat besi dalam jangka waktu lama dapat mempengaruhi kehidupan Anda, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius.

Berikut ini adalah top bahan makanan yang dapat meningkatkan asupan zat besi Anda.

Cukup hanya menambahkan makanan sehat yang  kaya zat besi untuk mencegah penyakit yang terkait kekurangan zat besi seperti telah disebut diatas.

Asupan Harian zat besi yang direkomendasikan: Untuk Perempuan antara usia 19-50 adalah 18 mg, dan untuk pria adalah Pria di atas usia 19 adalah 8 mg (Sumber: Australia Intake Recommended Dietary [RDI])

Hati:

Hati adalah inti makanan tinggi zat besi. Bagi non vegetarian hati adalah cara terbaik untuk meningkatkan tingkat kadar hemoglobin dalam darah Anda. Umumnya hati ayam (100gms) mengandung 9 mg zat besi. Hati sapi lebih sedikit mengandung kalori dibandingkan dengan jenis hati lain, namun banyak mengandung kadar zat besi – non kolesterol, zat besi yang tinggi.

Seafood:

Ikan berminyak tidak hanya kaya akan asam lemak Omega 3, tetapi juga merupakan sumber zat besi yang baik. Sarden, tengiri atau Salmon adalah sumber zat besi terbaik. Baca juga:  Makanan laut yang baik untuk ibu hamil

Daging sapi:

Daging merah juga merupakan bahan yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan hemoglobin, tapi daging merah harus yang tanpa lemak. Daging sapi mengandung sumber yang kaya zat besi, tetapi daging sapi tanpa lemak atau daging sapi sirloin. 85gm daging sapi menyediakan 2,1 mg zat besi.

Lihat juga :   Daftar rempah / bumbu yang paling menyehatkan

Dada ayam

Bagian dada ayam  juga mengandung zat besi. Sekitar 100 gram dada ayam memberikan 0,7 mg zat besi. Sumsum tulang, hati, ayam dan daging merah adalah cara terbaik untuk meningkatkan hemoglobin bagi non – vegetarian.

Beras merah:

Beras merah memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk menurunkan kolesterol dan berat badan, serta gangguan pencernaan. Selain itu Beras merah juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin.

Biji labu

100 gram biji labu mengandung 15 mg zat besi, yaitu 83 persen dari nilai anjuran harian. Biji labu juga merupakan sumber yang baik untuk asam lemak Omega 3,  dan membantu menurunkan kolesterol.

Seluruh biji-bijian:

Seluruh biji-bijian yang dikonsumsi untuk pencernaan, penurunan berat badan, dan dapat menurunkan kolesterol. Biji-bijian juga dapat meningkatkan hemoglobin karena kandungan zat besinya. Konsumsi biji-bijian seperti gandum, quinoa, sereal, gandum dan barley untuk menambang besi bagi tubuh Anda.

Stroberi:

Stroberi bermanfaat dengan memberikan dua cara untuk meningkatkan hemoglobin:Pertama mengandung besi, dan yang kedua 2 membantu dalam penyerapan zat besi – Strawberry juga mengandung vitamin C, yang berguna untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah.

Kentang:

Seperti stroberi, kentang juga mengandung zat besi dan juga mengandung vitamin C yang membantu untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kentang adalah salah satu sumber terbaik zat besi untuk vegetarian.

Bayam:

Bayam telah banyak dikenal mengandung tinggi zat besi. 100 gram bayam menyediakan 2,7 mg zat besi. Bayam juga menyediakan vitamin A dan C, dan magnesium. Bayam merupakan pilihan terbaik bagi vegetarian untuk memperoleh zat besi. Selain meningkatkan hemoglobin, bayam membantu untuk melawan kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel.

Lihat juga :   Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tahu:

Tahu adalah pilihan lain untuk para vegetarian untuk meningkatkan zat besi dan hemoglobin mereka. 100 gram tahu akan memberikan 5,4 mg zat besi.

Tiram:

Kerang, tiram, dan udang merupakan sumber kaya zat besi. Seafood secara keseluruhan memberikan beberapa manfaat kesehatan dari penurunan berat badan untuk mencegah banyak penyakit.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *