Makanan untuk menurunkan resiko bagi penderita hipertensi

faktor penyebab darah tinggiHipertensi atau darah tinggi adalah penyakit kronis, yang apabila tidak diperhatikan bisa berakibat fatal dengan menyebabkan serangkaian komplikasi berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal – atau mengurangi libido dan memori yang buruk. Dan dengan demikian, bagi penderita darah tinggi harus mampu mengendalikan kondisinya – dan umumnya hipertensi akan semakin parah termasuk karena diet yang buruk kaya lemak, garam, dan minim asupan nutrisi. Ada banyak penyebab darah tinggi, diantaranya karena riwayat keluarga dan gaya hidup termasuk diet – tapi semuanya bisa dikendalikan dengan baik dan mencegah komplikasi lebih lanjut. JIka pederita darah tinggi mampu untuk itu, serta memperhatikan makanan seperti dibawah ini maka resiko penyakit jantung, stroke, dan ginjal kemudian hari bisa dihindari.

Advertisement

Berikut ini makanan-makanan yang baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi

Susu skim rendah lemak

Susus tetap dibutuhkan untuk gizi demi kesehatan yang lebih baik. Namun bagi penderitahi hipertensi, susu rendah lemak adalah pilihan yang baik. Vitamin D dan Kalsium adalah nutrisi dari susu yang akan memajajemen hipertensi Anda. Secara keseluruhan, risiko Anda akan sedikit berkurang.

Bluberi

Buha ini adalah salah satu makanan yang bisa menurunkan hipertensi, karena ia mengandung antioksidan Antosianin yang berguna membantu mengurangi gejala hipertensi. Juga, antioksidan tinggi dalam blueberi baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bayam

Sayuran hijau tua ini menyediakan Magnesium, Folat, Kalium dan serat, yang akan banyak membantu Anda menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Bawang putih

Bawang putih bersifat obat serta anti jamur dan anti bakteri. Makan beberapa siung bawang putih secara teratur bisa menjaga hipertensi anda terkontrol. Baca juga : bb

Lihat juga :   Kandungan gizi dan manfaat mentimun

Kentang rebus

Jangan makan kentang goreang atau olahan lain seperti keripik, karena justru berbahaya bagi hipertensi khususnya. Tapi kentang rebus akan memberikan manfaatnya dari kandungan kalium dan magnesium tanpa efek samping untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Kacang-kacangan

Kacang merah, kacang hitam, kacang hijau, semuanya menyediakan Kalium, Magnesium dan serat. Semuanya tentu yang dapat menurunkan tekanan darah anda.

Coklat Hitam

Bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, coklat hitam baik untuk kesehatan sekaligus juga mengurangi dapat hipertensi Anda.

Kedelai

Kedelai sarat dengan kadar Magnesium dan Kalium, dan menyertakan mereka kedalam diet Anda maka dapat mengendalikan hipertensi Anda.

Pisang

Pisang sangat dikenal akan kadar Kaliumnya yang tinggi. Senyawa ini akan melakukan tugasnya dengan cara mengurangi dampak Sodium penyebab darah tinggi Anda.

Jus Umbi bit

Banyak sumber yang menyarankan untuk mengkonsumsi jus umbi bit karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi hanya dalam waktu singkat.

Air Kelapa

Air kelapa adalah sumber elektrolit alami yang baik. Selain itu, air kelapa juga baikĀ  untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi. Konsumsilah air kelapa setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk membantu mengendalikan tekanan darah Anda.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *