Tips meningkatkan kadar kolesterol baik

Tips meningkatkan kadar kolesterol baikSebagian besar penekanan pada masalah kesehatan kolesterol adalah berpusat pada konsep untuk menurunkan kolesterol jahat ( low-density lipoprotein (LDL) . Ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol jahat, termasuk menggunakan obat-obatan dan nutrisi yang yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Advertisement

Sementara itu yang sama pentingnya adalahmeningkatkan “kolesterol baik” high-density lipoprotein (HDL) , karena hal ini juga memiliki efek yang sangat menguntungkan terutama terhadap risiko penyakit jantung dan stroke.

Molekul kolesterol HDL diproduksi di hati. Molekul-molekul khusus ini mengangkut berbagai jenis lemak, termasuk trigliserida dan kolesterol keseluruh aliran darah. Dalam hal kolesterol  HDL, molekul ini berguna untuk mengangkut timbunan lemak dari dinding arteri kembali ke hati untuk dimetabolisme. Artinya, Kolesterol HDL bermanfaat untuk menekan jumlah kolesterol kahat (LDL). Biasanya, tingkat HDL bisa diukur dengan tes darah standar- dan jumlah HDL  yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan banyak hasil yang positif bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produksi kolesterol baik HDL dalam tubuh Anda:

Hindari Lemak Trans

Lemak Trans diproduksi ketika minyak nabati cair yang dipanaskan dan kemudian meresap dengan hidrogen. Konsumsi lemak trans akan meningkatkan LDL dan juga menurunkan produksi kolesterol HDL. Untuk meningkatkan kolesterol baik, maka hindari makan gorengan, makanan ringan, makanan dipanggang, margarin keras, dan makanan beku sebagai pembuka. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi resiko mendapatkan lemak berbahaya. Pastikan Anda sudah membaca label makanan dengan baik-baik, untuk memastikan tidak adanya lemak trans dalam produk yang akan anda konsumsi.

Hindari Gula

Makan-makanan yang mengandung soda, permen, makanan yang dipanggang, minuman sari buah dengan gula cenderung dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam darah dengan cara mempengaruhi hati. Gula dapat menyebabkan kadar insulin menjadi tinggi, yang dalam jangka waktu lama akan menurunkan produksi kolesterol HDL dalam hati. Mencoba untuk menghilangkan sebagian besar asupan gula dalam diet akan sangat mempengaruhi tingkat HDL pelindung dalam aliran darah.

Lihat juga :   Manfaat dan kandungan Gizi Singkong

Mengkonsumsi banyak Serat larut

Serat larut ditemukan dalam oatmeal, dedak, buah dan biji rami, dapat meningkatkan pembentukan kolesterol HDL, dengan cara meningkatkan konsentrasi lignan dalam tubuh. Lignan berguna untuk memberikan efek langsung pada hati untuk meningkatkan pembentukan kolesterol HDL. Meningkatkan asupan serat larut juga akan menurunkan gula darah dan tingkat insulin, hal ini yang secara langsung akan mempengaruhi produksi HDL dalam hati serta diperlukan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

Mengkonsumsi lemak sehat

Lemak yang berasal dari ikan salmon, herring, makarel dan sarden mengandung omega 3 yang dikenal dapat mengurangi timbulnya penyakit jantung dan stroke. Lemak jenis ini dapa meningkatkan produksi kolesterol HDL dalam hati. Lemak omega 9  biasa ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun dan alpukat juga dapat memberikan efek yang menguntungkan pada pembentukan kolesterol HDL dalam hati. Untuk Meningkatkan kadar kolesterol baik, makanlah makanan yang banyak mengandung lemak sehat.

Cukup minum Anggur

Asupan sedang anggur merah telah terbukti berhubungan dengan jumlah kadar kolesterol HDL yang tinggi. Asupan sedang minuman ini adalah satu gelas anggur per hari untuk wanita ,  dan satu sampai dua gelas sehari untuk pria. Baca juga: Manfaat anggur | Manfaat kismis

Aktivitas Fisik

Aktifitas secara fisik memang telah terbukti memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan . Aktivitas fisik akan meningkatkan pembentukan kolesterol HDL dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan pendayagunaan glukosa darah. Aktivitas Fisik juga dapat mengurangi peradangan serta menurunkan berat badan,  sementara itu juga akan membakar lemak tubuh sebagai bahan bakar. Hasil akhirnya adalah tingkat kolesterol HDL dalam darah akan meningkat. Berolahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan kolesterol baik.

Lihat juga :   Makanan pencegah kepikunan

Umumnya orang lebih fokus untuk untuk dapat menurunkan kolesterol jahat, tetapi juga penting untuk meningkatkan kolesterol baik agar menuai banyak manfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *