Vitamin esensial yang sangat dibutuhkan tubuh

Vitamin untuk mengatasi rambut rontokAgar tubuh memiliki vitalitas yang prima, maka harus memenuhi beberapa vitamin esensial berikut ini. Dikatakan esensial karena tubuh kita tak bisa memproduksinya sendiri, sehingga mau tidak mau kita harus memperolehnya dari sumber luar. Kekuranga asupan vitamin-vitamin ini bisa memberikan dampak yang serius dalam beberapa hal. Dengan mendapatkan zat-zat penting ini, maka akan dapat menjalankan hidup yang sehat .

Advertisement

Berikut ini vitamin-vitamin esensial yang harus didapatkan tubuh setiap hari agar senantiasa sehat.

Vitamin C

Vitamin ini penting karena banyak menawarkan manfaat kesehatan. Salah satunya vitamin C dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu meningkatkan sirkulasi darah, membantu mencegah katarak, membantu mengatur kadar gula darah, dan bahkan menjadi zat utama karena kemampuannya untuk membantu mencegah kanker. Vitamin C bisa didapatkan dari makan buah jeruk segar, buah ceri, atau suplemen vitamin C.

Vitamin B

Individu bisa sangat memungkinkan untuk kekurangan vitamin B. Vitamin B perannya sangat penting bagi kesehatan kita, bahkan kekurangan vitamin B bisa berdampak serius bagi kesehatan. Vitamin B adalah kelompok vitamin ini secara keseluruhan seperti Vitamin B7, Vitamin B12, Vitamin B1 dll. Jadi, untuk memastikan Anda untuk mendapatkan cukup vitamin B alami, maka makanlah banyak sayuran hijau gelap, biji-bijian, makanan laut, unggas, telur atau pisang. Manfaat vitamin B untuk kesehatan terutama mengurangi risiko penyakit jantung, mengobati kecemasan dan depresi, mengurangi stres, meningkatkan energi dan meningkatkan kemampuan daya ingat. Selain itu, tubuh juga membutuhkan jumlah vitamin B cukup untuk terus dapat meregenerasi sel-sel darah yang kuat.

Vitamin D

Vitamin D dikenal dapat diperoleh dari sinar matahari, jadi jika Anda tinggal di daerah yang banyak mendapatkan sinar matahari cukup hanya dengan berjemur. Vitamin D juga tak diproduksi sendiri oleh tubuh. Vitamin D berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga akan membantu melindungi terhadap osteoporosis dan tekanan darah tinggi. Banyak makanan yang sudah diperkaya dengan vitamin D dipasaran, jika Anda kesulitan untuk mendapat cukup asupan vitamin ini.  Secara alami dari makanan, vitamin D juga bisa diperoleh dengan makan  ikan tuna, salmon, kuning telur, keju,  jamur juga tinggi vitamin D.

Lihat juga :   Penyebab dan cara menurunkan tekanan darah tinggi Diastolik

Zat Besi

Besi adalah mineral, juga sangat penting dibutuhkan oleh tubuh. Kurang zat besi dapat mengakibatkan badan lesu dan kekurangan motivasi untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari. Zat besi membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin atau sel dalam darah, yang berguna untuk mensuplay oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi bisa diperoleh tubuh dari makanan seperti kerang, kacang-kacangan, hati, daging merah, kuning telur atau buah kering. Kombinasikan makanan ini dengan makanan yang kaya vitamin C , dan Anda akan tetap berada pada kesehatan tubuh yang baik. Vitamin C juga berguna untuk membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik dan lebih cepat.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *